Psychedelic Pointer

Social Network

https://www.instagram.com/tohirin_t217https://www.youtube.com/channel/UC0XP0cI4X9K7m4ys7Y2c33Ahttps://www.facebook.com/Tohirint217Vloghttps://twitter.com/irin134040https://plus.google.com/u/0/115095363943687906640

Jumat, 03 Maret 2017

Cara Service Ringan Sepeda Motor Injeksi Khususnya Yamaha Vixion

Halo mas bro dan teman - teman, Semakin berkembangnya teknologi dan semakin pesatnya dunia otomotif terutama di indonesia, kita jangan sampai ketinggal teknologi - teknologi yang sedang berkembang salah satunya teknologi injeksi, banyak masyarakat yang menanggapi bahwa motor injeksi itu susah perawatannya dan hanya bengke resmi yang bisa melakukan service, sebenernya sama aja sistem injeksi dan yang 
menggunakan karbu, cuma bedanya di sistem electriknya saja, Service sepeda motor injeksi itu mudah ko mas broo dan perawatannya juga sangat mudah.

Masalah perawatan, sebenernya malah mudah perawatannya dibandingkan dengan motor yang masih menggunakan karbu, Motor injeksi itu minim perawatan, jadi tidak seperti motor karburator harus rutin membersihkannya. Supaya mesin selalu prima dan sehat, sebaiknya setiap 3500 km harus dilakukan perawatan rutin seperti service ringan, agar mesin selalu dalam keadaan yang baik.

Oke langsung saya ke inti penulisannya, di kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara service ringan sepeda motor injeksi Khususnya Ymaha old vixion. Sebenernya langkah-langkahnya sama saja seperti service motor biasa, cuman ada beberapa komponen yang berbeda. 

Hal yang harus di perhatikan teman - teman harus menyediakan alat dan bahan yang akan di gunakan. Alat dan bahan yang digunakan yaitu Kunci ring 19, kunci ring pas 17, kunci 10 - 12, Tang, kunci T 10, koas, obeng + dan -, kunci busi. amplas ukuran 800,  pelumas rantai, injector cleaner, oli. nampan. corong. 

1. Pengecekan air radiator dan kelistrikan
Air radiator sangat penting utnuk sepeda motor yang menggunakan sistem pendingan air, karena jika air radiator habis mesin akan overhead, jika air radiator di bawah Low isikan sampai Full .
Pengecekan kelistrikan, apakah kelistrikan normal atau bermasalah, kita bisa terlebih dahulu mengecek kondisi batrei, jika voltase kurang silahkan carger batrei, setelah itu cek lampu depan, lampu sein, klakson, dan lampu belakang.

2. Menyetel kekencangan Rantai gear Roda
Bila rantai sudah kendor Setel kekencangan rantai gear belakang, setelah rantai di setel, teman - teman bisa melumasi rantai dengan cain lube atau pelumas rantai supaya kondisi rantai dan gear selalu bersih dan tidak aus, catatan untuk sepeda motor Yamaha old vixion nomor setelan roda harus sama kiri dan kanan. 

3. Mengganti Oli Mesin
Ganti lah oli mesin teman - teman setiap menempuh jarak 1000 km karena oli mesin itu penting untuk menjaga keawetan dan performa mesin teman - teman, cara menggantinya cukup lepas baut tap oli yang ada di bawah mesin dengan menggunakan kunci 19, catatan jangan menyemprot menggunakan kompresor saaat membersihkan oli di mesin, karena kompresor mengandung uap air, lebih baik diam kan sampai oli keluar dan kick stater untuk membantu oli cepat keluar dari lubang tap oli.

4. Membersihkan Filter udara
Bersihkan filter udara menggunakan kompresor, jika filter udara sudah kotor banget dan tidak layak di pakai lagi, ganti filter udara dengan yang baru, catatan yang sudah memakai filter udara racing berbahan stainles steel, cukup membersihkan nya dengan merendamnya dan mencucuinya menggunakan sabun. Sebelum membersihkan filter udara, lepas terlebih daulu tangki dengan melepas baut 10 menggunakan kunci T 10, lepas socket pompa bensin dan selang bensin

 Gambar socket pompa bensin dan selang bensin

Setelah tangki dilepas, membuka tutup box filter udara menggunakan obeng +  melepas baut box filter dengan cara menyilang. Bersihkan filter dengan cara merendam menggunakan air dan sabun, jangan membersihkan menggunakan bensin atau oli, karena bisa merusak serat - serat stainles steel nya, dan kalau filter udara masih standar bersihkan menggunakan kompresor atau menggantinya dengan yang baru.

Gambar filter udara Racing

5. Membersihkan Throttle Body
Bersihkan Throttle body menggunakan injector cleaner, lepas terlebih dahulu sensor - sensor pada throttle body atau tutup menggunakan plastik, supaya tidak terkena cairan injector cleaner.

Gambar TB setelah di bersihkan

6. Membersihkan Komponen - komponen yang kotor
Bersihkan komponen yang kotor menggunakan bensin dan kain, seperti rangka, box filter udara, kabel - kabel bersihkan menggunakan kain lap, dan bodi rangka.

7. Memasang Throttle body
Setelah Throttle body sudah bersih, pasang kembali Throttle body, cara pemasangan sama caranya pada saaat melakukan pembongkaran.

8. Memasang Filter udara
Pasang kembali filter udara yang sudah di bersihkan , cara pemasangan sama caranya pada saaat melakukan pembongkaran.

9. Menyetel jarak main gas
setel jarak main gas, karena sangat penting bagi pengendaraa, jika tidak ada jarak main gas, pada saat pengendaraan kaget untuk memainkan gas bisa menyebabkan kecelakaan, jadi beri jarak main gas sedikit sesuaikan dengan kebutuhan. Cara menyetelnya dengan cara kendorkan baut setelan gas yang ada di Throttle body menggunakan kunci 10, putar ke atas atau ke bawah sampai ketemu setelan yang cocok rasakan gas dengan cara memutar grip gas, setelah itu kencangkan kembali baut setelan gas. 

10. Membersihkan Busi
Bersihkan busi menggunakan amplas 800 atau bisa juga menggunakan sikat kawat, ukur kembali celah busi menggunakan feeler gauge, ukuran celah busi standar 0,7 sampai 0,8 mm, bersihkan juga lubang busi menggunakan injector cleaner, fungsinya untuk membersihkan krak - krak yang ada di ruang bakar.


11. Memasang Tangki dan jok motor
Cara pemasangan sama caranya pada saaat melakukan pembongkaran.

12. Menyetel jarak main kopling
Setel jarak main kopling, caranya kendorkan mur setelan kopling menggunakan kunci pas 12, putar baut ke atas dan ke bawah sesuaikan dengan kebutuhan, setelan kopling berada di bawah tabung cadangan radiator atau reservoir, setelah menyetel jarak main kopling, bersihkan atau lumasi dengan oli bersih dengan cara semprot pada ujung lobang kabel kopling, sampai kopling terasa enteng dan empuk.

13. Melumasi bagian - bagian yang berkarat
Bagian - bagian yang berkarat seperti pijakan foostep, baut bawah komstir, baut - baut mounting shock.

14. Tahap Akhir menyalahkan mesin dan menyetel idle / langsam
Nyalahkan mesin, setel putaran langsam menggunakan obeng - kecil. dengan cara putar ke kiri umtuk menaikan dan putar ke kanan untuk menurunkan langsam, putar - putar sampai ketemu setelan langsam yang di inginkan, catatan putaran langsam standar Yamaha vixion 1300 - 1500 rpm.

Semoga Tips ini bisa membantu teman - teman supaya bisa service motor injeksi sendiri, dan tentunya bisa irit ongkos heheheh, gampang kan teman - teman merawat motor injeksi itu gak sesulit yang ada di pikiran teman - teman heheh, jika pingin lihat tentang tutorial otomotip pantengin terus blog saya ini, meskipun jarang nulis heheheh, kalau ada salah kata tolong di maafkan dan tolong di koreksi ya, sekian dan semngat terus.

Teman - teman masih bingung, silahkan bisa lihat video saya di youtube tentang tips service sepeda motor injeksi 1 sampai , bisa klick link ini https://www.youtube.com/watch?v=8GQnsH0uIpA, dan bisa juga dengan kata pencarian Tohirin T217 di youtube. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan yang ingin berkomentar tentang aktivitas blog dan artikel saya, tapi tolong gunakan bahasa yang sopan. terima kasih.